Home > Lain - lain, Sainstek, Teknologi > Mouse Pertama di Dunia

Mouse Pertama di Dunia

Di masa perkembangan yang semakin pesat seperti sekarang ini, dimana computer sudah masuk kedalam berbagi aspek kehidupan, baik untuk kelompok perusahaan maupun perorangan. Anda pasti sudah tau kan? alat yang biasa di sebut “mouse” atau dalam bahasa Indonesia di sebut “tetikus”. Anda juga pasti biasa menggunakannya di computer rumah anda. Ya… alat ini sangatlah membantu untuk mengoperasikan komputer anda, mungkin komputer dapat berjalan hanya dengan keyboard dan tanpa mouse. Tapi tentu itu sangatlah sulit untuk di gunakan, apalagi bagi anda yang belum mahir dalam penggunaan shortcut keyboard. Dengan menggunakan mouse, kita akan langsung dapat memilih objek gambar/ icon program yang akan kita gunanak.

Tapi, taukah anda seperti apa bentuk mouse pertama yang diciptakan untuk komputer?

Mouse pertama di temukan oleh Douglas Engelbart pada tahun 1964, pada waktu itu dia bekerja di Stanford Research Institute. Dia juga memberikan andil besar dalam terciptanyajaringan internet pertama kali di dunia. mouse yang diciptakannya terbuat dari kayu dengan 1 tombol di atas dan dua roda di bawahnya.

Engelbart dan pemimpin perusahaanya Bill English mendapatkan paten pada tahun 1970 untuk “X-Y position indicator for a display system,” atau “indicator posisi X-Y untuk system tampilan”. Yang di beri nama ”mouse” atau ”tetikus” karena kabel yang keluar dari belakang mirip dengan ekor tikus yang sebenarnya. pada tahun 2000 dia menerima National Medal of Technology untuk mengembangkan mouse dan membantu mengembangkan hypertext.

Untuk lebih jelasnya, play aja daaaah video di bawah😀

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: